STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR
STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR |
gambar macam macam tusuk - Satuan Pendidikan : SMALB - D
Kelas X, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Memberikan pelayanan secara prima kepada pelanggan 1.1 Berkomunikasi dengan pelanggan
1.2 Memberi bantuan untuk pelanggan
1.3 Melakukan pekerjaan secara tim
2. Menggambar busana (fashion drawing) Menyiapkan tempat dan peralatan gambar
Memindahkan gambar busan pada proporsi tubuh
Menyelesaikan gambar busana
3. Megukur tubuh pelanggan sesuai desain Menyiapkan alat ukur sesuai kebutuhan
Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh yang akan diukur
Mengukur tubuh dengn tepat sesuai SOP
4. Menggambar pola konstruksi Menggambar pola dasar
Mengubah pola dasar sesuai desain
Memeriksa pola
Menggunting pola
Melakukan uji coba pola
Meyimpan pola
2. Menyetrika busana Teknik menyetrika busana - Menyetrika busana sesuai jenis dan desain
- Mengemas hasil setrika dengan memperha tikan keindahan
- Busana disetrika sesuai prosedur dengan mem perhatikan K 3
- Busana dikemas sesuai keindahan 20 jp
tusuk dasar menjahit beserta gambarnya
MODEL SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan : Kerumahtanggaan
Kelas/Semester : XI / 1
Standar Kompetensi : Pengepasan busana fitting
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan / Alat
1 2 3 4 5 6 7
3. Menyiap kan tempat dan alat pengepasan
- Menyiapkan tempat dan alat untuk mengepas pakaian - Menyiapkan tempat dengan mem perhatikan SOP
- Menyiapkan alat untuk mengepas Tempat dan alat disiapkan sesuai SOP Praktik dan unjuk produk 6 jp
4. Melaksanakan pengepasan
Mengepas pakaian - Mengepas pakaian sesuai pengambilan ukuran badan sebelumnya
- Memberi tanda pada bagian-bagian yang tidak pas ukuran badan - Pakaian dipas sesuai ukuran
- Bagian-bagian badan yang tidak pas diberi tanda 52 jp
5. Mengamati bentuk dan model pakaian Desain busana - Mengamati bentuk pakaian sesuai desain
- Memilih bahan pelengkap sesuai pesanan
- Memperhati kan keseluruhan busana secara detail
- Mencatat permasalahan yang muncul lalu melaporkan - Bentuk pakaian diamati sesuai desain
- Bahan pelengkap dipilih sesuai pesanan
- macam-macam tusuk sulam dan caranya
- Busana secara keseluruhan diamati secara detail
- Permasalahan yang muncul dicatat dan dilaporkan Praktik 6 jp - Busana yang dijahit
- Alat ngepas
- Alat ukur pakaian
MODEL SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan : Kerumahtanggaan
Kelas/Semester : XI / 2
Standar Kompetensi : Pengepresan busana
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan / Alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Menyiap kan tempat alat penge presan
- Tata letak dan alat pengepresan - Menyiapkan tempat kerja sesuai aturan
- Menyiapkan alat pres utama dan alat pendukung yang digunakan - Tempat kerja disiapkan sesuai aturan
- Alat pres utama dan alat pres pendukung digunakan sesuai prosedur Tes tertulis dan praktik 6 jp - Alat pres
- Panduan
pengepresan
2. Mengerja kan penge presan Teknik pengepresan - Memeriksa po tongan bahan baku dan ba han pendu kung yang akan dipres
- Mengatur temperatur sesuai produksi persyaratan spesifikasi kain dan prosedur kerja
- Melakukan uji coba pengepresan untuk mencegah kerusakan
- Mengepres sesuai SOP dan prosedur kerja - Potongan-potongan bahan baku dan bahan pendukung diperiksa
- Temperatur diatur sesuai spesifikasi kain
- Potongan-potongan bahan baku dan bahan pendukung dipres sesuai SOP dan prosedurnya 150 jp
3. Menyerah kan hasil pengepre san Membuat laporan pengepresan - Mencatat kerusakan dari hasil pengepresan
- Melaporkan hasil pengepresan Hasil pengepresan dicatat dan dilaporkan sesuai prosedur kerja Praktik unjuk produk 6 jp
MODEL SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan : Kerumahtanggaan
Kelas/Semester : XI / 2
Standar Kompetensi : Menyelesaikan busana dengan tangan
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan / Alat
1 2 3 4 5 6 7
4. Menyiap kan tempat dan alat kerja
- Tata letak tempat kerja sesuai K 3
- Macam-macam alat jahit tangan - Menyiapkan tempat kerja sesuai K 3
- Menyiapkan alat jahit tangan sesuai kebutuhan - Tempat disiapkan sesuai K 3
- Alat jahit tangan disiapkan sesuai kebutuhan Praktik 6 jp - Peralatan menjahit
tangan
- Hasil jahitan yang
belum selesai
5. Menyiap kan bahan pelengkap dan bahan finishing Macam-macam pelengkap busana
- Kancing hias
- Pedding (bantal bahu)
- Payet
- dll Menyiapkan bahan pelengkap busana sesuai kebutuhan Bahan pelengkap disiapkan sesuai kebutuhan 6 jp
6. Menyelesaikan busana - Teknik penyelesaian busana
- Macam-macam tusuk kelim - Membuat lubang kancing
- Memasang kancing
- Memasang bantal bahu
- Memasang payet
- Mengelim bagian bawah Busana diselesaikan dengan teknik jahit yang sesuai 76 jp
MODEL SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan : Kerumahtanggaan
Kelas/Semester : XI / 2
Standar Kompetensi : Membuat hiasan pada busana
- macam macam tusuk jahit dan keterangannya
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan / Alat
1 2 3 4 5 6 7
7. Menetukan jenis dan letak hiasan
Desain hiasan busana - Membuat atau mengutip desain hiasan
- Menentukan letak hiasan pada busana - Desain busana dibuat sesuai kebutuhan
- Hiasan diletakkan sesuai kebutuhan
Praktik dan unjuk produk 6 jp - Alat jahit tangan
- Alat jahit mesin
- Buku Panduan
menghias kain
8. Memindahkan hiasan pada busana Teknik memindahkan desain hiasan Memindahkan hiasan pada busana dengan cara mengutip Desain hiasan dipindahkan dengan cara mengutip 6 jp
9. Mneyelesaikan hiasan busana Teknik menye lesaikan meng hias busana - Menyelesai kan hiasan dengan tangan
- Menyelesai kan hiasan busana dengan mesin semi otomatis/otomatis - Hiasan busana diselesaikan dengan tangan
- Hiasan busana diselesaikan dengan mesin 86 jp
10. Mengemas busana Teknik mengemas busana - Menyiapkan alat dan bahan untuk mengemas busana
- Mengemas busana sesuai jenis dan busana yang dihias Busana yang sudah dihias, dikemas dengan menonjolkan hiasannya 60 jp
Kelas X, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
5. Memilih/membeli bahan baku dan bahan pelengkap busana sesuai desain (material) Mengetahui macam/jenis bahan baku dan bahan pelengkap busana
Mengetahui corak bahan tekstil
Memilih bahan pelengkap busana sesuai desain
Memilih jenis dan corak bahan busana sesuai desain
Menyusun rencana belanja
6. Memotong bahan Memeriksa keadaan bahan
Meletakkan pola diatas bahan
Memindahkan tanda pola pada bahan baku dan pelengkap
Mengemas hasil potongan
7. Menjahit dengan mesin Menyiapkan mesin jahit
Mengoperasikan mesin jahit
Menjahit bagian-bagian busana
Kelas XI, Semester 1
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Penyelesaian akhir busana Membersihkan sisa-sisa benang
Menyetrika busana
2. Pengepresan busana Menyiapkan tempat dan alat pengepresan
Mengerjakan pengepresan
Menyerahkan hasil pengepresan dengan menerapkan praktik keselamatan, kesehatan dan kemanan kerja
3. Pengepasan (fitting) Menyiapkan tempat dan alat pengepasan pakaian
Melaksanakan pengepasan pakaian
Mengamati bentuk dan model pakaian
Kelas XI, Semester 2
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
4. Penyelesaian busana dengan tangan Menyiapkan alat dan tempat kerja
Menyiapkan bahan pelengkap dan bahan finishing
Menyelesaikan busana sesuai SOP
5. Membuat hiasan pada busana Menentukan jenis dan letak hiasan busana
Memindahkan desain pada busana
Menyelesaikan hiasan busana
Mengemas
Kelas XII, Semester
Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
1. Mengawasi mutu pekerjaan busana
Melaksanakan pengecekam bahan baku/bahan utama
Memeriksa kualitas bahan pelengkap
Memeriksa mutu pola
Mengawasi dan memeriksa kain yang dipotong
Mengecek hasil penyelesaian
2. Pemeliharan alat jahit Menyiapkan alat dan tempat kerja
Memelihara, memperbaiki dan menyimpan alat jahit dan alat bantu lainnya
3. Menggunakan alat jahit mesin
- Mesin jahit
- Mesin bordir Menyiapkan tempat dan alat
Menjahit busana
MODEL SILABUS
Jenjang Pendidikan : SMALB (B)
Mata Pelajaran : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : X/I
Standar Kompetensi : Memberikan pelayanan secara prima kepada pelanggan
Kompetensi dasar Materi pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis penilaian Alokasi waktu Sumber bahan/alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Melakukan komunikasi dengan pelanggan
Komunikasi lisan dan non lisan dengan mempertimbang-kan perbedaan budaya.
• Sopan dan ramah ketika menangani permintaan pelanggan
• Jujur dalam memberi informasi kepada pelanggan
• Tenang dalam menyikapi pelanggan yang komplin
Berkomunikasi secara efektif dengan beragam latar budaya • Tertulis
• Praktik 6 jp Buku tentang kepribadian
2. Memberi bantuan untuk pelanggan
• Jenis-jenis pelayanan
• Mengatasi keluhan pelanggan • Tanggap terhadap kebutuhan pelanggan
• Teknik menangani keluhan pelanggan
Melayani kebutuhan pelanggan Praktik 4 jp
3. Melakukan pekerjaan secara team Prinsip-prinsip bekerja dalam team • Saling mempercayai antar anggota team
• Tolong menolong antar anggota team
• Bertanggung jawab atas pekerjaan yang dipercayakan.
Bekerja dalam team 40 jp
MODEL SILABUS
Jenjang Pendidikan : SMALB (B)
Mata Pelajaran : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : Menggambar busana (fashion drawing)
Kompetensi dasar Materi pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis penilaian Alokasi waktu Sumber bahan/alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Menyiapkan tempat peralatan menggambar
• Macam-macam proporsi tubuh
• Teknik penyelesaian gambar
• Pengetahuan alat dan bahan untuk menggambar
• Mengetahui tentang alat gambar
• Memilih alat gambar dengan tepat sesuai kebutuhan
Dapat menyiapkan alat dan bahan untuk menggambar Praktik 2 jp Alat gambar buku mode
2. Memindahkan gambar busana kepada proporsi tubuh Menggambar busana • Mengetahui cara menggambar busana pada proporsi tubuh
• Menggambar/mengutip gambar busana dengan cermat/teliti. Pemindahan gambar busana pada proporsi tubuh 4 jp
3. Menyelesaikan gambar busana Teknik menyelesaikan gambar busana • Mengetahui dasar-dasar teknik penyelesaian gambar busana
• Menyelesaikan gambar busana dengan pensil warna, pinset, spidol, drawing pen
Penyelesaian gambar busana 40 jp
MODEL SILABUS
Jenjang Pendidikan : SMALB (B)
Mata Pelajaran : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : Mengukur tubuh pelanggan sesuai desain
Kompetensi dasar Materi pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis penilaian Alokasi waktu Sumber bahan/alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Menyiapkan alat ukur sesuai kebutuhan
• Macam-macam alat ukur
• Teknik mengukur tubuh
Menyiapkan peralatan untuk mengukur Alat-alat ukur disiapkan sesuai kebutuhan Observasi 2 jp - Peralatan
- Manazin/ boneka/pass pop
- Veterband
- Meteran
2. Mengidentifikasi bagian-bagian tubuh yang akan diukur. Menentukan titik dan garis tubuh sesuai dengan SOP • Menganalisasi posisi titik dan garis tubuh.
• Menjelaskan anatomi tubuh • Posisi titik dan garis tubuh yang akan diukur ditentukan berdasarkan anatomi tubuh
• Posisi titik dan garis tubuh akan diukur berdasarkan kebiasaan berpakaian Praktik 6 jp
3. Mengukur tubuh dengan tepat sesuai SOP Teknik mengukur tubuh • Pengambilan ukuran dilakukan secara sistematis sesuai SOP
• Hasil pengukuran diperiksa, disesuaikan dengan data kewajaran untuk tubuh 12 jp
MODEL SILABUS
Jenjang Pendidikan : SMALB (B)
Mata Pelajaran : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : X/1
Standar Kompetensi : Membuat pola busana dengan teknik konstruksi
Kompetensi dasar Materi pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis penilaian Alokasi waktu Sumber bahan/alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Menggambar pola dasar Teknik meng-gambar pola dasar • Menjelaskan jenis alat gambar pola.
• Menjelalskan macam pola
• Menggambar pola dasar secara konstruksi Pola dasar dibuat dengan benar sesuai SOP Praktik 60 jp
2. Mengubah pola dasar sesuai desain Mengubah pola dasar • Menjelaskan teknik pecah model berbagai model busana.
• Menjelaskan perkembangan model busana
• Teliti dan cermat dalam merubah pola sesuai desain. Pola dasar dirubah sesuai desain 40 jp
3. Memeriksa pola Memeriksa pola • Menjelaskan ukuran bagian pola
• Menjelaskan garis dan bentuk pola
• Menjelaskan tanda pola
• Teliti dan cermat dalam memeriksa pola
Pola diperiksa dengan cermat dan teliti Praktik 6 jp
4. Menggunting pola Menggunting pola • Menjelaskan alat gunting pola
• Menjelaskan tanda-tanda pola
• Teliti dalam memilih alat gunting pola
• Teliti dalam menentukan garis potong.
Pola digunting sesuai desain dengan tepat 6 jp
5. Melakukan uji coba pola Uji coba pola • Menjelaskan langkah-langkah uji coba pola
• Menjelalskan cara memperbaiki pola.
• Teliti dan cermat membuat uji coba pola
• Melakukan uji coba pola Uji coba pola dapat dilakukan 20 jp
6. Menyimpan pola Teknis menyimpan pola • Menjelaskan jumlah komponen pola sesuai desain.
• Menjelaskan teknik pengemasan dan penyimpanan pola
• Teliti menghitung berapa banyaknya pola sesuai desain.
• Teliti dan cermat dalam pengelompokan pola sesuai identitas pola. Uji coba pola dapat dilakukan 20 jp
MODEL SILABUS
Jenjang Pendidikan : SMALB (B)
Mata Pelajaran : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : Memilih/membeli bahan baku dan bahan pelengkap busana sesuai desain (material)
Kompetensi dasar Materi pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis penilaian Alokasi waktu Sumber bahan/alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Mengetahui macam/jenis bahan baku dan bahan pelengkap busana • Memilih bahan utama sesuai desain
• Menetukan bahan pelengkap sesuai desain • Menjelaskan cara mengidentifikaksi jenis bahan utama
• Menjelaskan cara mengidenntifikasikan bahan pelengkap
• Menentukan bahan sesuai disain dan corak bahan • Bahan baku dan bahan pelengkap busana diidentifikasi sesuai desain
• Dapat membedakan bahan utama dan bahan pelengkap • Tertulis
• Praktik/unjuk kerja
• Hasil/produk 6 jp Buku pengetahuan tekstil
2. Mengetahui corak bahan tekstil Macam corak bahan Meletakan pola sesuai arah corak bahan Pola diletakan sesuai arah corak bahan 8 jp
3. Menyusun rencana belanja • Membuat perencanaan belanja
• Teknik merancang bahan utama dan bahan pelengkap
• Teknik merancang harga bahan utama, bahan pelengkap dan bahan pembantu. • Menghitung jumlah kebutuhan
• Membuat kalkulasi harga
• Menentukan biaya produksi
• Menentukan harga jual Rencana belanja disesuaikan dengan kebutuhan 10 jp
MODEL SILABUS
Jenjang Pendidikan : SMALB (B)
Mata Pelajaran : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : Memotong bahan
Kompetensi dasar Materi pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis penilaian Alokasi waktu Sumber bahan/alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Memeriksa keadaan bahan Menyiapkan bahan busana • Teknik memeriksa kualitas bahan
- Menentukan
- Lebar bahan
- Jenis bahan
- Corak bahan
• Kualitas dan kuantitas bahan diperiksa, disesuaikan dengan jumlah kebutuhan.
• Bahan disusutkan/diseterika sesuai dengan karakteristik bahan • Praktik
• Hasil/produk 8 jp - Bahan tekstil
- Bahan
pelengkap
- Peralatan
Potong
2. Meletakan pola di atas bahan Teknik meletakan pola di atas Meletakan pola di atas bahan sesuai SOP • Jumlah dan bagian-bagian pola bahan baku utaama diperiksa sesuai identitas model dan disain.
• Bagian luar dan dalam bahan diberi tanda sesuai desain.
• Bahan baku dibentangkan, serat kain diluruskan sesuai SOP 6 jp
3. Memindahkan-tanda-tanda pola Teknik memindahkan pola-pola bahan Tanda pola dipindahkan pada lahan berdasarkan kebutuhan dan sesuai desain. Alat pemberi tanda yang digunakan sesuai dengan tekstur dan warna bahan. 6 jp
4. Mengemas hasil potongan Teknik mengemas hasil potongan • Memberi tanda jahitan
• Bundelling • Pola dilepaskan dari bahan sesuai urutan nomor pola
• Potongan bahan dikemas atau diikat dilengkapi dengan identitas
10 jp
MODEL SILABUS
Jenjang Pendidikan : SMALB (B)
Mata Pelajaran : Keterampilan Produktif
Paket Keterampilan : Kerumahtanggaan
Jenis Keterampilan : Tata Busana
Kelas/Semester : X/2
Standar Kompetensi : Menjahit dengan mesin
Kompetensi dasar Materi pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis penilaian Alokasi waktu Sumber bahan/alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Menyiapkan mesin jahit Tata letak tempat kerja dan alat mesin jahit sesuai kebutuhan • Menyiapkan tempat kerja dengan memperhatikan KS
• Menyiapkan alat jahit yang layak pakai Tempat dan alat disiapkan sesuai kebutuhan Praktik
6 jp - Mesin jahit
- Alat bantu
jahit
2. Mengoperasikan mesin jahit Teknik mengoperasikan mesinjahit sesuai SOP Mendeteksi kelayakan mesin jahit
• Mengatur setikan
• Memasang jarum
• Memasang benang
• Memasang pada kumparan.
• Menyelesaikan busana sesuai tehnologi busana
• Menerapkan prosedur K3 • Mesin jahit yang layak pakai disiapkan sesuai kebutuhan
• Setikan mesin jahit dicoba pada kain tepat pada garis lurus. Lengkung dll
• Busana diselesaikan dengan teknik menjahit
• Sikap kerja disesuaikan dengan prosedur K3. 100 jp
3. Menjahit bagian-bagian busana Teknologi menjahit busana • Menjahit bagian-bagian busana sesuai prosedur
• Menyelesaikan busana dengan teknik menjahit yang tepat Bagian-bagian busana dijahit sesuai prosedur Unjuk kerja
Hasil produk 92 jp Hasil potongan bagian busana
MODEL SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan : Kerumahtanggaan
Kelas/Semester : XI / 1
Standar Kompetensi : Penyelesaian akhir busana
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan / Alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Membersihkan sisa benang
Macam-macam alat finishing :
- setrika
- papan setrika
- sprayer
- guntung benang
- dll - Menyiapkan peralatan finishing
- Membersih kan sisa-sisa benang - Sisa-sisa benang digantung agar rapi
- Peralatan finishing disiapkan sesuai kebutuhan
Praktik unjuk produk 6 jp - Peralatan finishing
- Busana
- Papan setrika
MODEL SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan : Kerumahtanggaan
Kelas/Semester : XII / 1
Standar Kompetensi : Mengawasi mutu pekerjaan busana
- tusuk tikam jejak
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan / Alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Melaksanakan pengecekan bahan baku utama
Pengaturan tekstil - Memeriksa kualitas bahan sesuai standar
- Memeriksa jenis, sifat bahan baku dan bahan pelengkap Kualitas bahan diperiksa sesuai standar 20 jp
2. Memeriksa bahan pelengkap
- Pengetahuan desain busana
- Pengeta huan penga wasan dan pengenda lian mutu Memeriksa bahan pelengkap sesuai dengan desain busana dan permintaan pemesan Bahan pelengkap diperiksa sesuai desain dari pemesan 50 jp
3. Memeriksa mutu pola
Teknik pemeriksaan pola - Memeriksa kelengkapan pola sesuai desain
- Menganalisa pola sesuai desain
- Memeriksa bentuk dan garis pola
- tusuk feston
- Memeriksa ukuran sesuai kriteria pesanan
- Memeriksa tanda-tanda pola
- Memeriksa tanda arah benang
- Melaporkan hasil pemeriksaan Pola diperiksa sesuai ukuran, kelengkapan, tanda-tanda pola dan tanda arah benang sesuai pesanan 70 jp
4. Mengawasi dan memeriksa kain yang dipotong
Teknik pengecekan hasil potongan sesuai marker - Memeriksa jumlah potongan dengan akurat sesuai marker
- tusuk pipih
- Mencatat hasil pemeriksaan dan melaporkan sesuai prosedur kerja - Potongan diperiksa sesuai jumlah yang dibutuhkan
- Hasil pemeriksaan dilaporkan Unjuk kerja 40 jp
5. Mengecek hasil penye lesaian jahitan
- Teknik menentukan ukuran
- Teknik menentukan mutu jahitan - Memeriksa ukuran sesuai pesanan
- Memeriksa hasil jahitan sesuai standar
- Memeriksa kelengkapan pelengkap busana sesuai desain
- Memeriksa hasil pressing
- Melaporkan hasil pemeriksaan sesuai prosedur Hasil jahitan busana diperiksa sesuai pemesan dan desain 64 jp
- tusuk rantai
MODEL SILABUS
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Keterampilan Tata Busana
Jenis Keterampilan : Kerumahtanggaan
Kelas/Semester : XII / 2
Standar Kompetensi : Pemeliharaan alat jahit
Kompetensi Dasar Materi Pokok Kegiatan Pembelajaran Indikator Jenis Penilaian Alokasi Waktu Sumber Bahan / Alat
1 2 3 4 5 6 7
1. Menyiap kan alat dan tempat kerja
- tusuk jelujur
- Tata letak sesuai K 3
- Bahan dan alat perawatan alat jahit - Menyiapkan tempat kerja sesuai K 3
- Menata peralatan yang digunakan dengan rapi
- Menyiapkan bahan untuk perawatan alat jahit Tempat, alat danbahan disiapkan sesuai K 3 6 jp
2. Memelihara, memper baiki dan menyimpan alat jahit serta alat bantu lainnya - Teknik pemelihara an mesin jahit
- Merawat mesin jahit secara rutin dan berkala - Membersih kan mesin jahit secara rutin dan berkala
- Mencatat jadwal perawatan mesin jahit
- Perawatan mesin jahit sesuai jadwal Mesin jahit dirawat sesuai teknik perawatan mesin jahit 200 jp
3. - 66 jp
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang gambar macam macam tusuk
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang SULAMAN ( SULAMAN PUTIH )
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://yuswan62.files.wordpress.com/2021/11/tatabusana-smalb-d